************************************************************************************************************************
Saudaraku, kalau artikel dalam blog ini bermanfaat informasikanlah kepada muslim yang lain
(Setiap kata yang mencerahkan orang lain, Insya Allah, anda akan mendapat ganjaran pahala)
============================================================================

Kamis, 04 Februari 2010

Tafakkur


(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi [QS. 3:191]

Salah satu cara untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah adalah dengan melalui kebiasaan ber-tafakur. Tafakur adalah suatu proses perenungan dan pemikiran yang mendalam tentang segala sesuatu ciptaan Allah dalam alam semesta ini dan kejadian yang dialami delam kehidupan ini.

Marilah kita mengambil contoh tentang luas alam semesta. Struktur alam semesta ini, tersusun atas; planet, bintang, galaksi, dan kumpulan galaksi. Planet kita (bumi) masuk dalam bintang Matahari dan galaksi milky way. Terdapat ratusan milyar bintang dalam satu galaksi, dan ratusan milyar galaksi dalam satu kumpulan galaksi. Bahkan menurut Sinom Driver dari Australian National University Research School of Astronomy and Astrophysics, dalam penelitiannya mengatakan jumlah bintang di alam semesta ini lebih dari 70 sextiliun atau 70.000 milyar trilyun, jumlah tersebut lebih banyak dari jumlah butir-butir pasir yang terdapat diseluruh pantai dan gurun didunia. Diameter Matahari sekitar 1.390.000 km. Sementara diameter Bumi sekitar 12.740. Untuk diketahui bahwa matahari termasuk bintang yang kecil dalam Bima Sakti (galaksi milky way).

Mari lihat kedalam organ kita. Orang dewasa dibangun oleh 75 trilyun hingga 100 trilyun sel, yang meliputi; organ tubuh kira-kira 4 trilyun sel, darah putih kira-kira 1 trilyun sel, darah merah kira-kira 30 trilyun sel, trombosit kira-kira 2 trilyun sel, bakteri kira-kira 40 trilyun sel. Harap diingat bahwa masing-masing sel merupakan suatu organisme yang mempunyai fungsi kehidupan sendiri yaitu; lahir, makan, melahirkan, dan mati.

Mari kita menjelajah hutan yang ada di seluruh dunia. Untuk memudahkan menghitung, kita mulia dari Indonesia yang luasnya menurut data 120,35 juta hektar, data yang lain mengatakan bahwa luas hutan Indonesia adalah 10% dari hutan dunia, berarti total seluruh hutan didunia ini luasnya 1.203,5 juta hektar. Apabila setiap hektar terdapat 5000 pohon, maka jumlah pohon seluruh dunia adalah 1.302.500.000 x 5.000 = 6,512,500,000,000. Tentu saja masih banyak pohon yang lain yang tidak masuk area hutan. Berapa banyak jumlah daun yang ada dari pohon area hutan dan daun-daun di tempat yang lain di seluruh dunia? Berapa banyak daun yang melambai-lambai, berapa yang gugur, berapa yang kuncup, berapa yang sedang dimakan ulat, wallahu alam, simak saja ayat berikut :

.. dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lohmahfuz). [QS. 6:59]

Saudaraku, apabila kita memikirkan angka-angka yang spektakuler tsb. yang kemungkinan besar lebih kecil dari data sebenarnya, harusnya kita tersungkur sujud mengagumi kebesaran Allah, Yang Maha Berkuasa mengurus segala sesuatu dari yang sekecil-kecilnya sampai yang sebesar-besarnya. Dan yang lebih mencintai kita daripada kita mencari diri sendiri. Lalu masih adakah keraguan sedikitpun dalam hati kita, tetang janji-janji yang telah di firmankan dalam kitab suciNya, Al Quran yang Mulia dan sabda-sabda RasulNya.




Tidak ada komentar: