************************************************************************************************************************
Saudaraku, kalau artikel dalam blog ini bermanfaat informasikanlah kepada muslim yang lain
(Setiap kata yang mencerahkan orang lain, Insya Allah, anda akan mendapat ganjaran pahala)
============================================================================

Kamis, 27 Januari 2011

Puasa dua tahun


Bersumber dari Abu Zaid ra., dia berkata, aku mendengar Rasulullah Saw bersabda "Barangsiapa yang berpuasa sehari di jalan Allah, maka Allah menjauhkan mukanya dari neraka tujuh puluh tahun" (HR. Bukhari)

Apakah anda pernah mendengar atau mengetahui bahwa ada seseorang yang puasa selama dua tahun? Tentu saja tidak. Dan bagaimana kalau puasa setara dua tahun tersebut dilakukan bahkan kurang dari setengah tahun? Mungkin pernah mendengarnya tetapi tidak memperhatikan dengan saksama atau sekedar tidak perduli saja. Pertanyaannya apa memang bisa? Bisa! Oleh karenanya mari kita kaji lebih lanjut.

Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan lalu mengiringinya dengan enam hari dari bulan Syawal, maka seakan-akan dia telah berpuasa selama satu tahun (sepanjang masa)." (HR. Muslim, Ahmad, Ibnu Majah)

Dengan berpuasa Ramadhan 30 atau 29 hari dan sunnah Syawal 6 hari atau selama 36 hari sama dengan berpuasa selama setahun.
Dari Abu Dzarr al-Ghiffari ra berkata, "Kami diperintah Rasulullah saw untuk melakukan puasa tiga hari dari setiap bulan, yaitu hari-hari terang bulan, yakni tanggal 13, 14 dan 15, sembari Rasul saw bersabda, 'Puasa tersebut seperti puasa setahun (sepanjang masa)'." (HR Nasa'i dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban).

Dengan berpuasa tiga hari setiap bulan atau 36 hari selama setahun disamakan dengan berpuasa selama setahun. Kalau yang pertama dan kedua ini digabung berarti dalam setahun atau tepatnya hanya 72 hari berpuasa sama dengan puasa selama dua tahun.

Maha Pemurah Allah yang memberikan kesempatan dan fasilitas kepada hamba-hambaNya untuk memperoleh karunia yang berlipat ganda. Pertanyaannya, maukah kita sebagai hambaNya menerima pemberian dan fasilitas yang luar biasa ini untuk diamalkan.

Mungkin banyak orang yang menyangka bahwa melakukan hal tersebut diatas adalah pekerjaan yang berat. Sebenarnya yang berat adalah puasa Ramadhan sebulan penuh. Apabil sudah terbiasa dengan puasa ramadhan dan sudah tidak terasa kesulitannya, maka pola pikir menghadapi ramadhan kita gunakan untuk menghadapi puasa syawal 6 hari atau puasa sunnah 3 hari setiap bulannya. Kalau kita memapu mentransformasi semangat dan gairah ramadhan, maka puasa 6 hari dan 3 hari setiap bulannya ini, adalah hal yang mudah.

Kalau mau mengambil analogi, biasanya dokter menganjurkan kepada pasiennya untuk melakukan jogging 3 kali atau 2 kali seminggu selama ½ jam untuk menjaga kesehatan. Orang yang konsen dengan kesehatannya hal tersebut sangat mudah dilakukan, demikian pula dengan kebiasaan puasa ini kalau kita konsen dengan janji-janji Allah maka sangat mudah melakukannya.

Saudaraku, setelah membaca artikel ini ada terlintas niat untuk melakukannya, maka tancapkanlah niat tersebut dalam dada disertai rasa syukur dan lakukanlah pada bulan berikutnya. Jangan tunda. Mula-mula mungkin sehari sebulan lama-lama 2 kali sebulan, dan akhirnya 3 kali sebulan. Siapapun yang berusaha maksimal pasti dia akan memperolehnya.

Dan orang-orang yang berjihad untuk Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan Kepada mereka jalan-jalan Kami. [QS. 29:69]


Tidak ada komentar: