************************************************************************************************************************
Saudaraku, kalau artikel dalam blog ini bermanfaat informasikanlah kepada muslim yang lain
(Setiap kata yang mencerahkan orang lain, Insya Allah, anda akan mendapat ganjaran pahala)
============================================================================

Kamis, 23 April 2009

Banyak jalan ke surga


Orang sering mengatakan banyak jalan menuju Roma. Ini adalah semacam pribahasa yang sering digunakan orang untuk mengatakan bahwa untuk mencapai sesuatu, tersedia banyak cara dan jalan. Mungkin jalan yang satu kita tidak berhasil, tetapi dengan jalan yang lain kita berhasil. Demikian pula halnya untuk mencapai surga, banyak jalan dan cara yang dapat ditempuh untuk sampai di sana. Bukankah kita tidak perlu menjadi uztasd semuanya untuk menggapai surga.

Rasulullah Saw bersabda: “Semua ummatku akan masuk surga, kecuali orang yang enggan (tidak mau).” (HR Bukhori 22/248)

Profesi apapun yang kita jalani; presiden, pemulung, direktur utama, kuli bangunan, pengacara, pengamen, atau apapun semua akan masuk surga, asal taat kepada rasulullah.

Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang berjalan menuntut ilmu, maka Allah mudahkan jalannya menuju Surga.” (HR. Ahmad, Abu daud, at-tarmidzi …)

Bagaimana kita mengetahui bahwa kita termasuk yang taat kepada Rasulullah. Kuncinya adalah: Ilmu. Itulah sebabnya dengan ilmu memudahkan kita menuju surga.

“Apabila kalian berjalan melewati taman-taman Surga, perbanyaklah berdzikir.” Para Shahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah yang dimaksud taman-taman Surga itu?” Beliau menjawab, “Yaitu halaqah dzikir (majelis ilmu).” (HR at-Tirmidzi, Ahmad)

Dengan banyak berdzikir, ingatan kita akan terus terpaut dengan Allah Swt, yang pada akhirnya akan menimbulkan kecintaan kepadaNya. Dan Allah Yang Maha Agung tidak pernah menolak cinta dari hamba-hambaNya.

Abu Dzar RA pernah bertanya kepada Rasulullah saw “Maukah engkau memberitahukan kepadaku amalan yang membawaku masuk Surga”, Rasulullah saw menjawab : “Hendaknya engkau beribadah kepada Allah tanpa menyekutukan dengan sesuatu apapun.”

Tentu sangat panjang apabila contoh-contoh seperti diatas dikemukan semua. Pada artikel sebelumnya pernah kita singgung hadist yang meriwayatkan seorang yang telah membunuh 100 orang akhirnya masuk surga karena tobat. Pada hadist yang lain, seorang pelacur masuk surga, hanya karena membantu memberi minum anjing yang kehausan.

Saudaraku, jalan ke surga sangat banyak, mungkin sebanyak orang yang masuk ke dalamnya. Ini berarti apapun posisi atau pekerjaan yang sedang digeluti saat ini, tekuni dan hayatilah, mungkin itulah jalan terbaik anda menuju surga, yang penting fondasinya yaitu iman dan taat kepada Allah dan RasulNya yang perlu selalu dijaga dan dipelihara. Keringat yang bercucuran, punggung yang bongkok, kerumitan yang membebani pikiran, cercaan dan penghinaan, semua itu mungkin cara Allah meningkatkan derajat kita disurga kelak.

dan sesungguhnya akhir itu lebih baik bagimu dari permulaan. [QS. 93:4]

Tidak ada komentar: