************************************************************************************************************************
Saudaraku, kalau artikel dalam blog ini bermanfaat informasikanlah kepada muslim yang lain
(Setiap kata yang mencerahkan orang lain, Insya Allah, anda akan mendapat ganjaran pahala)
============================================================================

Sabtu, 27 Juni 2009

Perbuatan ringan yang bernilai tinggi


Umar Bin Khattab meriwayatkan, Rasulullah Saw bersabda. Delapan pintu surga dibuka dan boleh dimasuki dari pintu manapun oleh orang yang menyempurnakan wudunya kemudian berdoa “Asyhadu'an-lâ ilâha illa Allâh wahdahu lasyarikalah, wa Asyhadu anna Muhammadan abduhu wa Rasuluh” (HR. Muslim)

Abu Musa meriwayatkan Rasulullah Saw bersabda. Bacalah, ‘La haula wala kuwwata illa billah’ , kalimat itu adalah sebuat tiket ke surga (HR Bukhari-Muslim)

Bilal bin Yasar bin Zaid meriwayatkan Rasulullah Saw bersabda, Allah pasti mengampuni dosa, meskipun dosa lari dari perang, bagi orang yang membaca ” Astaghfirullahal ladzii Laailaaha Illa Huwal Hayyul Qayyuumu wa Atuubu Ilaih”. (HR. Abu Daud)

Al Mundziry meriwayatkan, Rasulullah Saw bersabda, ”Barangsiapa membaca Ayat Al Kursy dibelakang (selesai) shalat, niscaya tak adalah yang menghalanginya masuk surga selain dari mati” (HR. Turmudzi).

Saudaraku, apakah yang anda pikirkan setelah membaca hadist-hadist diatas. Alangkah pemurahnya Allah yang menyiapkan surga kepada kita hanya dengan membaca zikir-zikir yang sangat mudah dan ringan tersebut. Ini hanyalah contoh, dan banyak lagi bacaan zikir-zikir yang lain yang ringan dan mudah dipraktekkan. Atau adakah terbetik dalam pikiran seakan-akan kurang yakin dengan hadist-hadist tersebut. Nauzubillah Minzalik.

Sesungguhnya janji Allah itu pasti akan ditepati. [QS. 19:61].

Keraguan semacam ini jangan sampai bersemayan dalam hati dan pikiran kita, karena kalau terjadi maka bangunan keimanan dan keberislaman kita akan porak-poranda. Setiap kata, perbuatan, dan kesepakatan dari Rasulullah pada dasarnya berasal dari Allah juga, sebagaimana firman sbb.

kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak pula keliru, dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya), [QS. 53:2-4]

Saudaraku, barangkali perbuatan yang ringan ini tapi bernilai tinggi, terlewat dari keseharian kita karena kesibukan yang tidak ada habisnya. Mungkin kebiasaan kita berzikir saat ini (jumlah dan kualitasnya) masih sama dengan setahun yang lalu, atau lima tahun yang lalu atau bahkan sepuluh tahun yang lalu. Ayo Saudaraku, sekarang saatnya untuk kita rubah, mari kita menabung amal akhirat sebanyak-banyaknya, karena kematian sangat dekat, hanya dibalik detik-detik yang akan datang.

Cara terbaik untuk memulai perubahan ini adalah dengan menambah satu zikir setiap hari lalu istiqomah menjaganya atau dengan mujahadah yang lebih kuat menambah zikir lebih banyak lagi, setelah setahun anda akan merasa ketagihan dan merasa kecolongan kalau lupa melakukannya, Insya Allah. Lakukanlah!, dimana dan kapan saja.

Tidak ada komentar: