************************************************************************************************************************
Saudaraku, kalau artikel dalam blog ini bermanfaat informasikanlah kepada muslim yang lain
(Setiap kata yang mencerahkan orang lain, Insya Allah, anda akan mendapat ganjaran pahala)
============================================================================

Sabtu, 27 Juni 2009

Persiapan menyambut Ramadhan


Apakah anda sudah siap menyambut Bulan Ramadhan? Mungkin banyak diantara kita akan menjawab, belum saatnya untuk menyambut bulan Ramadhan karena masih dua bulan lagi baru ketemu. Mungkin betul, tetapi setidak-tidaknya masing-masing kita seharusnya sudah punya aktivitas untuk mempersiapkan penyambutan ramadhan, sehingga pada saatnya nanti setelah menjelang ramadhan kita benar-benar siap untuk menyambutnya.

Mumpung masih jauh, kita mempunyai kesempatan untuk mempersiapkan penyambutan ramadhan dengan sebaik-baiknya. Hal-hal yang sangat penting dilakukan adalah :

Pertama; berdoa dengan sungguh-sungguh dengan penuh harap kepada Allah swt agar dipanjangkan umur dan dipertemukan dengan ramadhan yang akan datang. Dari Anas bin Malik r.a. berkata, Rasulullah saw. apabila masuk bulan Rajab selalu berdoa, ”Allahuma bariklana fii rajab wa sya’ban, wa balighna ramadan.” Artinya, ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban; dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan. (HR. Ahmad dan Tabrani).

Kedua; barangkali saat ini kita masih ada kendala kesehatan fisik, berusahalah dalam rentang waktu sebelum ramadhan datang, meningkatkan dan menjaga kesehatan fisik, karena bagaimanapun menjalankan ibadah-ibadah pada bulan ramadhan baik yang fardhu maupun yang sunah-sunah dengan sempurna membutuhkan ketahanan fisik yang kuat.

Ketiga; melakukan persiapan mental dan motivasi yang kuat dengan cara terus-menerus meningkatkan keimanan, sehingga ada dorongan yang kuat untuk meraih keutamaan-keutamaan yang ada didalam bulan ramadhan.

Keempat; meningkatkan ilmu pengetahuan yang terkait dengan pelaksanaan puasa ramadhan dan ibadah-ibadah lain yang akan dilakukan pada bulan tersebut, sehingga kita dapat melakukan peribadatan dengan baik dan khusuk. Dengan demikian akan lebih memudahkan kita untuk mendapatkan limpahan makna dan keutamaan-keutamaan yang ada pada bulan ramadhan.

Tentu saja kita semua akan memanfaatkan bulan ramadhan untuk mengapai amal sebanyak-banyaknya dan mencari rido Allah seikhlas-ikhlasnya. Disamping persiapan diatas, masing-masing kita mungkin punya kiat atau cara bagimana menyiasati sehingga ramahdan nantinya betul-betul maksimal kita jalani. Salah satu cara yang sering saya praktekkan adalah sering-sering membaca surat Al Qadr dalam shalat-shalat sunah menjelang ramadhan. Sungguh dahsyat surah ini dalam memotivasi kita beramal di bulan ramadhan.

1 Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan.
2 Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
3 Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
4 Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
5 Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.


Saudaraku, peluang atau kesempatan baik yang akan kita lakukan, tentu akan dipersiapkan pula dengan sebaik-baiknya, itulah mujahadah kita, semoga Allah meridoinya.

Tidak ada komentar: