************************************************************************************************************************
Saudaraku, kalau artikel dalam blog ini bermanfaat informasikanlah kepada muslim yang lain
(Setiap kata yang mencerahkan orang lain, Insya Allah, anda akan mendapat ganjaran pahala)
============================================================================

Minggu, 25 April 2010

Kenapa beristighfar

Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 4 :110)

Demikianlah yang banyak difahami, bahwa orang yang bersitighfar karena melakukan suatu perbuatan yang melanggar ketentuan Allah. Memang Allah dalam Al Quran banyak sekali memerintahkan kepada kepada hambaNya untuk mohon ampun, dan Dia berjanji akan mengabulkan permohonan tersebut seberapa pun dosa-dosa yang telah dilakukannya.

Tetapi apakah istighfar hanya sarana untuk pembersihan dosa saja. Ternyata tidak, banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari kebiasaan beristighfar dan bertaubah ini. Coba simak ayat berikut ini

Dan (dia berkata): "Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa." [ QS. 11:52 ]

Hujan dalam ayat tersebut diatas menggambarkan rezeki, karena dengan hujan itu dapat menumbuhkan tumbuh-tumbuhan yang daripadanyalah makhluk-makhluk lain memperoleh sumber kehidupan. Sementara kekuatan dapat mewakili sifat-sifat lain seperti; ulet bekerja, giat beramal, sabar, dan tidak cepat putus asa meski kehidupan yang dihadapi sangat keras dan sulit.

Dengan banyak beristighfar, hati kita merasa lapang dan lega karena kita yakin bahwa permohonan ampun yang kita panjatkan dikabulkan oleh Allah Swt. Hal ini selanjutnya akan menimbulkan efek ganda yang dapat memunculkan kekuatan yang luar biasa sehingga kita mampu mengendalikan diri untuk tidak terjerumus lagi kedalam perbuatan nista dan sia-sia.
"Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai. [QS.71:10-12]

Saudaraku, banyak sekali keutamaan yang diperoleh dengan memperbanyak istighfar selain yang disebutkan diatas, juga seperti, menghilangkan kesusahan, menjauhkan sifat dendam, menghadirkan sifat pemaaf, dan yang terpenting mendekatkan kita kepada Allah. Maka sungguh benar Hal tersebut dinyatakan Rasulullah, bersabda :
"Barang siapa yang senantiasa membaca istigfar, maka Allah menjadikan baginya jalan keluar atas setiap kesempitan dan kelapangan atas setiap kesusahan serta memberikannya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka (HR. Ahmad, Abu Daud, dan Ibnu Majah)

Saudaraku, mari kita perbanyak istighfar untuk meraih keutamaan-keutamaan diatas. Tidak sulit dan tidak perlu biaya, yang diperlukan hanyalah motivasi yang kuat dan mohon pertolongan dari Allah. Kita Bisa melakukannya, Insya Allah.

Tidak ada komentar: