************************************************************************************************************************
Saudaraku, kalau artikel dalam blog ini bermanfaat informasikanlah kepada muslim yang lain
(Setiap kata yang mencerahkan orang lain, Insya Allah, anda akan mendapat ganjaran pahala)
============================================================================

Jumat, 06 Agustus 2010

Menghadirkan dahsyatnya Ramadhan

Rasulullah saw. bersabda: "Siapa saja yang mendekatkan diri kepada Allah dengan perbuatan baik pada bulan Ramadhan, sama seperti menunaikan suatu kewajiban (fardhu) pada bulan yang lain. Siapa saja yang menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan, sama dengan orang yang mengerjakannya 70 kali kewajiban tersebut di bulan yang lain". (Imam Ibnu Khuzaimah)

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan dan kemuliaan. Namun keberkahan dan kemuliaan tersebut tidak secara otomatis dirasakan bahkan oleh orang-orang yang beriman. Untuk itu perlu upaya untuk mengasah hati dan rasa agar bisa hadir dalam dada. Beberapa tip berikut ini mudah-mudahan dapat membantu usaha tersebut.

Pertama, Ramadhan adalah anugerah yang maha besar dari Allah Swt sebagai tanda cintaNya kepada orang-orang mukmin. Salah satu hadis yang menggambarkan betapa ramadhan mempunyai keutamaan yang dahsyat

"Sekiranya umatku mengetahui keutamaan-keutamaan yang ada di bulan Ramadhan, niscaya mereka menghendaki agar sepanjang tahun adalah bulan Ramadhan" (HR Ibnu Majah)

Kedua, selama setahun di luar ramadhan keseimbangan antara amal dan dosa kita rasa-rasanya banyak dosanya. Bukankah mata, telinga, mulut, pikiran, bahkan seluruh tubuh dan panca indra setiap hari memproduksi dosa-dosa, baik yang disengaja maupun yang terpaksa dilakukan. Maka dengan kedatangan ramadhan memberikan kesempatan kepada kita untuk membalikkan situasi pada hari-hari yang lain tersebut.

Ketiga, Kebaikan apapun yang kita kerjakan pada bulan ramadhan dilipatgandakan berlipat kali sedangkan perbuatan dosa dihitung seperti biasa.

Keempat, Ramadhan adalah spesial buat kaum muslimin. Pada umat-umat yang lalu tidak memperoleh kehormatan menikmati keberkahan seperti keberkahan di bulan ramadhan, maka manfaatkanlah kesempatan ini agar tidak tersesat seperti umat yang lain.

Kelima, Ramadhan dapat memperpanjang umur efektik kita. Kalau nilai ibadah dalam bulan ramadhan dilipatgandakan menjadi 70 kali, berarti umur efektif kita meningkat 70 kali. Selain itu salah satu malam di bulan ramadhan nilainya 30.000 kali, sehingga apabila umur seorang mukmin antara 60 – 70 tahun, maka umur efektifnya bisa diatas 5000 tahun.

Keenam, anggaplah ramadhan ini terakhir sehingga tidak ada penundaan perbuatan baik untuk ramadhan berikutnya. Kita segera berangkat tetapi perbekalan belum siap, maka raihlah sebanyak-banyaknya dalam bulan ramadhan ini.

Ketujuh, kerja keras yang kita fokuskan untuk memburu dunia hasilnya tidaklah seberapa. Sehebat Qarun, Bill Gates, Aburizal Bakri? Tidak mungkin. Padahal kekayaan mereka tidak ada apa-apanya. Bahkan kalau segala kekayaan di dunia ini dikumpulkan seluruhnya maka nilainya tidak lebih bernilai dari sayap nyamuk disisi Allah. Sementara amal ibadah yang sekecil apapun akan diberi ganjaran yang berlipat dari Allah Swt.

Rasulullah saw. bersabda, “Andaikan dunia itu senilai dengan sayap nyamuk di sisi Allah, maka Allah tidak akan memberi minum kepada orang kafir walaupun seteguk air dari dunia.” (HR. Tirmidzi)


Tidak ada komentar: