************************************************************************************************************************
Saudaraku, kalau artikel dalam blog ini bermanfaat informasikanlah kepada muslim yang lain
(Setiap kata yang mencerahkan orang lain, Insya Allah, anda akan mendapat ganjaran pahala)
============================================================================

Sabtu, 21 Agustus 2010

Meraih keistimewaan malam lailatul qadr

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. [QS. 97:1-5]

Adakah yang luar biasa yang pernah anda alami dalam kehidupan ini? Saya kira semuanya kita pernah mengalami hal-hal yang luar biasa, sesuatu yang jarang terjadi, misalnya pedagang yang untung besar, prestasi di sekolah, promosi yang tidak terduga, terhindar dari kecelakaan, dst.

Dan apakah anda menyadari bahwa dalam bulan ramadhan ini, kita sedang menantikan suatu malam yang luar biasa yang menjadikan pengalaman-pengalaman lain kita hanyalah hal-hal yang biasa. Bagaimana tidak luar biasa, yang menciptakan alam semesta ini sendiri Allah Swt. yang memberinya kemuliaan yang tinggi. Dalam matematis yang sederhana dikatakan ekskalasi kemuliaannya lebih besar dari 30.000 kali.

Apakah tidak menakjubkan kalau pedagang ketiban untung 30.000 kali. Apakah tidak mengagumkan kalau nilai seninya lebih indah 30.000 kali dari lukisan monalisa. Apakah tidak menggairahkan kalau daya motivasinya 30.000 kali lebih kuat dari motivator yang terbaik. Lalu mengapa kebanyakan kita membiarkan berlalu seperti hal-hal yang biasa saja. Apakah kita tidak yakin dengan janji Allah, bukankah Ia telah berfirman :

Ingatlah, sesungguhnya janji Allah itu benar, tetapi kebanyakan mereka (manusia) tidak mengetahui(nya) [QS. 10:55]

Saudaraku, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak ikut serta secara aktif dan bergairah untuk mengisi malam kemuliaan tersebut dengan perbuatan yang terbaik. Kalau kita sering bertahun-tahun mencari peluang untuk mencari usaha yang baik, mengapa kita tidak dapat menyempatkan waktu untuk mencari malam lailatul qadr hanya dalam 5 malam-malam ganjil akhir ramadhan. Ingat, tidak perlu modal yang besar, tidak perlu kalkulasi yang ngejelimet, tidak perlu nama besar dan restu sang pandito, semua kita dapat melakukannya dengan modal ketulusan dan kehambaan.

Manfaatkan potensi yang kita miliki, harta: sedekah sekuatnya, zikir: paling mudah dilakukan maka perbanyaklah melafaskannya disetiap tempat dan kesempatan, shalat sunnah: puncak ibadah, tafakur atas alam dan perjalan hidup kita, perbanyak doa untuk diri, keluarga, tetangga, dan sesama muslim. Nasehat-menasehati demi kebaikan, saling memaafkan. Demikianlah potensi-potensi yang dapat kita maksimalkan. Ingat, semua akan mendapat ganjaran dengan kelipatan lebih dari 30.000 kali.

Saudaraku, Allah begitu menyayangi kita dengan menawarkan kemuliaan pada malam yang luar biasa. Mari kita sambut dengan amal terbaik. Bukankah hal ini semata-mata untuk keuntungan diri kita sendiri?
Dari Abu Hurairah Rasulullah S.A.W telah bersabda: Sesiapa yang menghidupkan malam lailatul qadar penuh keimanan dan keikhlasan akan diampun baginya dosa yang telah lalu. (Muttafaqun alaih)


Tidak ada komentar: