************************************************************************************************************************
Saudaraku, kalau artikel dalam blog ini bermanfaat informasikanlah kepada muslim yang lain
(Setiap kata yang mencerahkan orang lain, Insya Allah, anda akan mendapat ganjaran pahala)
============================================================================

Rabu, 10 Desember 2008

Prosesi Agung

Maka prosesipun dimulai dengan panggilan Allah; Haiiya Alal falaah : marilah meraih kemenangan, kesuksesan. Lalu Siapa yang tidak menganggap kemenangan, siapa tidak menganggap kesuksesan kalau yang mengundang adalah Allah.

Sang hambapun mengawali dengan mengambil air wudhu di rumahnya dengan sesempurna mungkin dan diakhiri dengan membaca doa ”Asy hadu alla ilaha illallah wah dahu la syarika lahu, wa asy hadu anna muhammadan abduhu wa rasuluhu”, sebab Umar bin Khattab meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda ”Delapan pintu surga dibuka dan bebas dimasuki dari pintu mana saja oleh orang yang menyempurnakan wudhunya kemudian membaca doa tersbut” (HR. Muslim)

Kemudian berjalan kaki ke mesjid dengan tenang tidak tergesah-gesah sambil membaca zikir dan doa untuk melaksanakan shalat berjamaah, meraih karunia dan pahala dari Allah.

Dari Abdullah bin Mas’ud ra. Bahwasanya Rasulullah Saw bersabda ”Tidaklah seseorang yang bersuci dengan sempurna dirumahnya kemudian pergi ke mesjid(shalat berjamaah), melainkan dengan setiap langkah yang ditempuhnya, Allah akan mencatat satu kebaikan untuknya, meninggikan derajatnya satu tingkat (di surga) dan menghapuskan satu dosanya.” (HR. Muslim).

Ketika masuk ke mesjid membaca doa masuk mesjid, lalu melakukan shalat sunah tahiyatul masjid dan shalat-shalat sunah lainnya. Sekali lagi merengkuh karunia dan pahala dari Allah.

”Shalat sunnah dua rakaat sebelum shalat subuh itu lebih baik dari pada dunia seisinya” (HR. Muslim) Shalat sunah rawatib yang lain, insya Allah bedanya tidak terlaluh jauh.

Shalat jamaah mengikuti iman dengan tertib dan khusuk

Dalam sebuah hadist Rasulullah s.a.w. bersabda "Shalat Jamaah lebih utama dua puluh tujuh kali dibanding shalat sendiri" (H.R. Bukhari Muslim dll.).

Sebelum kembali ke rumah, sempat menjalin silaturrahim dengan jamaah yang lain, karena Rasulullah saw bersabda ”Orang yang ingin rezekinya dilapangkan atau umurnya dipanjangkan,hendaklah dia menyambungkan tali silaturrahim”(HR. Bukhari-Muslim).

Sebelum berpisah Berjabat tangan (sesama lelaki) karena Nabi saw bersabda ”Tidaklah dua oang muslim yang bertemu lalu berjabat tangan, melainkan diampuni dosa-dosa mereka sebelum berpisah”. (HR. Abu Dauwud) Hadis hasan.

Saudaraku, adakah upacara, adakah prosesi yang sedahsyat ini dalam kehidupan kita sehari-hari. Sungguh suatu berkah dan anugerah berkelimpahan yang disediakan Allah kepada kita untuk diraih dengan usaha yang tidak ‘susah-susah amat’, dan dapat diperoleh lima kali dalam sehari. Sungguh luar biasa. Terima kasih ya Allah atas anugerahMu ini.

Sungguh ini hanyalah hal sepele bila ingin menganggap seperti itu. Kalau iman sudah mati!!!

Tidak ada komentar: