************************************************************************************************************************
Saudaraku, kalau artikel dalam blog ini bermanfaat informasikanlah kepada muslim yang lain
(Setiap kata yang mencerahkan orang lain, Insya Allah, anda akan mendapat ganjaran pahala)
============================================================================

Selasa, 17 Februari 2009

Pinjaman kepada Allah


Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. [QS. 2:245]

Dalam aktivitas kita sehari-hari tidak terlepas dari kegiatan pinjam meminjam, terlepas dari apakah ybs. termasuk orang berada apalagi bagi orang yang kurang mampu. Ada orang yang meminjam untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dan ada yang meminjam dengan tujuan untuk meningkatkan kegiatan usahanya.

Apabila ada investor yang berani menawarkan tingkat bunga yang tinggi, katakanlah dengan tingkat bunga 5% perbulan, maka berbondong-bondonglah orang datang untuk memberikan pinjaman kepadanya, tidak perduli apakah investor itu amanah atau tidak. Para pemberi pinjaman juga beragam dari manager hingga buruh, dari professional sampai tukang sapu, dari professor dan doktor sampai pembantu rumah tangga. Semua kehilangan akal sehat dan tergiur oleh janji dan penawaran muluk alias gombal, dan akhirnya semua tertipu, hilang uang dan harapan. Kejadian seperti ini telah berulang beberapa kali dan herannya selalu banyak orang yang mau percaya, dan akhirnya tertipu lagi.

Mari kita lihat apabila Allah yang menawarkan dengan tingkat bunga yang jauh lebih tinggi, sebagaimana firmanNya pada surah Al An’am ayat 160 : “Barangsiapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya (QS. 6:160), ini sama dengan 1000%. Atau janji Allah pada ayat lain yang setara dengan tingkat bunga 70.000% :

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. 2:261)

Saudaraku, kalau investor yang menawarkan tingkat bunga yang tinggi, tetapi masih jauh lebih rendah dari yang dijanjikan Allah, orang berbondong-bondong menyambutnya. Mengapa kalau yang menawarkan tingkat bunga yang sangat tinggi dan janji yang tidak akan meleset dari Allah, kita tidak yakin dan antusias menyambutnya.

Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipat gandakan (pembalasannya) kepadamu dan mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pembalas Jasa lagi Maha Penyantun. (QS. 64:17)]

Dari ayat-ayat diatas dan ayat-ayat lain, keberkatan dan keuntungan yang diperoleh apabila berniaga/meminjamkan kepada Allah, antara lain adalah :
o Allah melipat gandakan pembayaran atas pinjamannya
o akan memperoleh pahala yang banyak
o Allah mengampuni & menghapus dosa-dosa kita
o balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya
o dapat menyelamatkan kita dari azab yang pedih

Pinjaman dan perdagangan yang tidak pernah bankrut, hanyalah pinjaman kepada Allah.

Tidak ada komentar: