************************************************************************************************************************
Saudaraku, kalau artikel dalam blog ini bermanfaat informasikanlah kepada muslim yang lain
(Setiap kata yang mencerahkan orang lain, Insya Allah, anda akan mendapat ganjaran pahala)
============================================================================

Jumat, 29 Mei 2009

Merasa diawasi Allah


Dalam kehidupan modern ada satu peran yang sangat menentukan keberhasilan suatu sistem, yaitu pengawasan. Tanpa pengawasan, sering terjadi kebablasan atau sebaliknya sistem mandeg tidak berjalan dengan baik. Pengawasan tidak saja dibutuhkan karena adanya ketidakpatuhan pada sistem, tetapi juga digunakan untuk mendongkrak motivasi agar tujuan dari suatu sistem dapat dicapai lebih cepat dan lebih baik.

Pengawasan biasanya dilakukan oleh orang atau unit lain yang bertugas khusus untuk melakukan pengawasan, tetapi pengawasan dapat juga dilakukan pada masing-masing diri sendiri, yang biasa dikenal dengan istilah pengawasan melekat, dalam agama kita dikenal dengan muraqabah yaitu suatu sikap yang merasa dirinya senantiasa diawasi oleh Allah.

Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu (QS. 4:1).

Merasa diawasi Allah menyebabkan seorang muslim melakukan suatu pekerjaan dengan lebih baik dan konsisten, baik ditempat umum yang berarti diperhatikan orang banyak ataukah ditempat tersembunyi yang jauh dari penglihatan orang lain. Simaklah hadist sbb.:

Jangan engkau mengatakan engkau sendiri, sesungguhnya Allah bersamamu. Dan jangan pula mengatakan tak ada yang mengetahui isi hatimu, sesungguhnya Allah mengetahui. (HR. Ahmad)

Apabila setiap Muslim senantiasa bermuraqabah yang berarti selalu menghadirkan Allah dalam dirinya maka ia akan selalu takut dan hati-hati dalam menjaga agar terhindar dalam melakukan perbuatan maksiat, karena ia selalu merasa dan sadar bahwa dirinya dalam pemantauan dan pengawasan Allah. Tetapi dengan bermuraqabah itu pula yang akan mendorong seseorang untuk sebanyak mungkin melakukan perbuatan baik dan menjalankan perintah agama dengan cara terbaik yang mampu dilakukannya.

Dan Dia bersama kamu dimana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. ( QS. 57::4)

Saudaraku, betapa ni’matnya melakukan suatu pekerjaan, bilamana pekerjaan yang kita lakukan tersebut ditatap Sang Kekasih dengan senyuman yang menawan sambil menjanjikan kepada kita kecintaan yang lebih tinggi lagi, dan disertai pula dengan janji kenikmatan lainnya.

Bahkan Allah tidak sendirian dalam menatap kita, tetapi malaikat-malaikatNya pun selalu memperhatikan, menjaga dan menemani kita dengan kegembiraannya masing-masing ketika kita melakukan perbuatan baik.

Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. (Qs. 13:11).

Saudaraku, sasaran dari sifat muraqabah atau kesadaran tentang adanya pengawasan Allah adalah lahirnya kesertaan Allah dalam setiap sisi kehidupan kita, dan inilah energi luar biasa yang dapat membangkitkan semangat dan kebahagiaan yang tiada taranya.

Tidak ada komentar: