************************************************************************************************************************
Saudaraku, kalau artikel dalam blog ini bermanfaat informasikanlah kepada muslim yang lain
(Setiap kata yang mencerahkan orang lain, Insya Allah, anda akan mendapat ganjaran pahala)
============================================================================

Minggu, 24 April 2011

Memaksimalkan potensi amal (2)

Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarrah, dan jika ada kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipat gandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar. [QS. 4:40]

Potensi tambang amal yang lain adalah menyebar salam. Menyebar salam adalah suatu perbuatan yang sederhana tetapi hasilnya sangat menakjubkan, orang yang berselisih bisa berdamai, orang yang putus asa bisa bangkit kembali, masalah yang ruwet dapat diatasi dengan mudah, dan banyak keutamaan lainnya. Oleh karena itu perbanyaklah salam dalam setiap komunikasi, setiap bertemu, menelpon, kirim sms, mulailah dengan salam. ‘Halo’ biarlah orang bule yang gunakan tetapi kita ganti dengan assalamualaikum. Tidak terasa bisa ratusan kali kita menyebar salam dalam sehari. Subhanallah.

Dan maukah aku tunjukkan suatu perbuatan yang bisa membuatmu saling mencintai; yaitu tebarkan salam antar sesamamu." (HR. al Bukhari - Muslim). Ketika Rasulullah Saw ditanya, "Apakah amalan yang paling baik dalam Islam?" Beliau menjawab: "Memberi makan dan mengucapkan salam kepada orang yang telah kamu kenal maupun yang belum kamu kenal". (HR. al Bukhari - Muslim).

Berbagi informasi/ilmu/kebaikan. Setiap orang tentu mempunyai informasi, ilmu atau pengalaman yang dapat dibagi kepada orang lain. Properti ini tidak pernah habis untuk dibagikan kepada orang lain, bahkan semakin dibagi semakin berkembang atau bertambah banyak yang kita miliki. Coba bayangkan berapa banyak amal yang kita peroleh kalau hal-hal seperti ini bermanafaat bagi sebanyak mungkin orang, bahkan berlipat ganda kalau orang lain menyebarkan kembali kepada orang lain lagi, dst.

Oleh karena itu jangan pelit berbagi apapun yang kita miliki, bukan hanya ustad atau profesor yang dapat berbagi ilmu. Semakin banyak yang anda beri semakin banyak yang akan diperoleh, secara pelan anda menyadari betapa hidup ini menjadi begitu lapang. Itulah balasan di dunia dan di akhirat akan memperoleh jauh lebih banyak lagi.

Rasulullah bersabda: Barangsiapa yang mengajak kepada kebaikan maka ia akan mendapatkan pahala sama dengan pahala orang yang mengikutinya, (HR. Muslim)

Melakukan shalat berjamaah. Shalat berjamaah adalah bonus yang luar biasa dari Allah Swt. Selain nilainya dilipatgandakan menjadi 27 kali, dengan shalat berjamaah silaturahim akan terjalin lebih baik, suatu perbuatan yang juga punya keutamaan di sisi Allah. Jaringan persahabatan semakin luas yang memungkinkan pintu-pintu rezeki juga makin banyak. Tentu banyak lagi keutamaan shalat berjamaah selain yang disebut diatas.

Berdzikir dengan menyebut sebanyak makhlukNya. Suatu hari Rasulullah mendapati Juwairiyyah Ummil Mukminin yang berdzikir dari subuh sampai waktu dhuha, lalu Rasulullah bersabda maukah aku tunjukkan zikir yang mengalahkan zikirmu sepanjang hari ini,bacalah:

Subhaanallaahi wabihamdihi ‘adada khalqihi wa ridho nafsihi wazinata ‘arsyihi wa midaada kalimaatih

Maha Suci Allah dan segala puji bagiNya, sebanyak bilangan ciptaanNya dan keridhaan-Nya, dan seberat timbangan ‘arasyNya dan sebanyak tinta (yang terpakai untuk menuliskan) kalimatNya. (HR. Muslim)


Tidak ada komentar: