************************************************************************************************************************
Saudaraku, kalau artikel dalam blog ini bermanfaat informasikanlah kepada muslim yang lain
(Setiap kata yang mencerahkan orang lain, Insya Allah, anda akan mendapat ganjaran pahala)
============================================================================

Rabu, 16 Juli 2008

Mengapa kita jarang berzikir


Seseorang atau apapun yang kita cintai selalu membayangi diri kita kapan, dimana dan kemanapum pergi. Ia selalu hadir menjejal ingatan dan pikiran dan kita selalu bahagia dengan kondisi ini. Hal-hal yang lain bisa jadi terlupakan atau menjadi prioritas kedua dst. Seperti makan, menjaga kesehatan dll. Sebaliknya sesuatu yang tidak kita cintai tidak menjadi prioritas dalam hidup kita, meskipun itu sebenarnya sangat penting buat kita. Demikianlah barangkali dengan zikrullah jarang atau malas kita lantunkan karena kecintaan kepadanya tidak ada atau sangat sedikit.

"Katakanlah, Jika kalian benar-benar mencintai Allah, maka ikutilah aku (Muhammad), niscaya Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa-dosa kalian. Dan Allah itu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang" (QS, 3:31).

Alangkah naifnya kita bila merasa mencintai Allah padahal berzikir saja sangat jarang kita lakukan, sedangkan aktivitas ini sangat mudah dan sangat ringan, sementara Allah sendiri dengan firmannya dalam Al-Quran banyak sekali memerintahkan untuk melakukannya (bandingkan kalau yang kita cintai meminta untuk melakukan sesuatu).

Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari [QS. 3.41].

Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. [QS. 33.41]

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi [QS. 3.191]

Allah swt. Yang paling tahu mengenai kebutuhan kita, dan melalui ayat-ayat tsb diatas memerintahkan kita untuk berzikir pagi dan sore, berzikir sebanyak-banyaknya, bahkan pada posisi apapun; bediri, duduk, berbaring, menandakan kepada kita betapa penting atau super pentingnya untuk selalu berzikir.

Ada sesuatu manfaat bagi manusia yang sangat luar biasa sehingga Allah berkali-kali memerintahkan manusia untuk banyak berzikir. Yakinlah akan hal ini.

Saudaraku, tanamkanlah dalam diri kita masing-masing bahwa berapapun fadhilah atau pahala daripada berzikir yang kita perkirakan diterima, akan selalu lebih rendah daripada kebaikan yang terkandung didalamnya. Ia bukan hanya sekadar hitungan pahala tetapi melambangkan kecintaan yang tulus dari seorang hamba kepada KhalikNya. Nabi pernah bersabda; "Belum sempurna imam seseorang itu hingga ia Mencintai Allah dan Rasulnya lebih daripada yang lain". Hanya orang-orang yang menzalimi dirinyalah yang melalaikan kesempatan ini.

Tidak ada komentar: