************************************************************************************************************************
Saudaraku, kalau artikel dalam blog ini bermanfaat informasikanlah kepada muslim yang lain
(Setiap kata yang mencerahkan orang lain, Insya Allah, anda akan mendapat ganjaran pahala)
============================================================================

Kamis, 24 Juli 2008

Sedekah Instant Pahala


Dan barang siapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh (diantaranya dengan bersedekah) sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalas dengan baik. [QS.17:19]

Dalam Al Quran dan hadist, banyak sekali dijumpai ayat-ayat yang mengutarakan keutamaan bersedekah diantaranya; mengundang datangnya rezeki, menjaga harta, mengobati penyakit, menghindari malapetaka, menambah umur, melembutkan hati, melahirkan kasih sayang, dan menghindarkan kemurkaan Allah.

Subhanallah, sungguh banyak manfaat didapat dengan bersedekah ini. Kalau dilihat dari pengalaman orang-orang yang rajin dan konsisten bersedekah banyak kita dapati kejadian yang sungguh menakjubkan dibalik kebiasaan bersedekah. Ada yang bertahun-tahun masalah tidak terselesaikan, dengan bersedekah terpecahkan karena pertolongan Allah. Ada berwiraswasta kecil-kecilan, jadi pengusaha sukses dengan resep selalu bersedekah. Dan tentu banyak lagi yang kita lihat dari pengalaman sehari-hari.

Orang-orang yang telah mengalami dahsyatnya bersedekah ini memiliki kesenangan untuk memancing datangnya rezeki dengan sedekah, seperti yang dikatakam Khalifah Ali bin Abi Thalib, ''Pancinglah rezeki dengan sedekah”. Makin besar nilai sedekahnya yang dikeluarkan makin besar pula rezeki yang diperoleh. Mereka meyakini benar janji Allah yang akan melipatgandakan ganjaranNya.

Mengharapkan ganjaran yang berlipat ganda tentunya wajar saja karena memang seperti itu yang dijanjikan Allah. Hanya saja umumnya pengertian kita tentang ganjaran yang berlipat ganda itu dimaknai dalam bentuk materi atau uang, sehingga apabila rezeki itu tidak dalam materi dan uang, ada yang mulai ragu terhadap janji Allah. Aku telah melakukan sedekah bertahun-tahun tetapi uang atau materi yang diharap kok tidak datang-datang juga, batinnya. Akhirnya kebiasaan bersedekah mulai berkurang dan bahkan bisa menjadi hilang sama sekali.

Saudaraku, hati-hatilah kalau bersedekah hanya dipicu oleh keinginan ganjaran yang besar dalam bentuk materi, boleh jadi akan terkena dengan ancaman pada ayat berikut ini : ”Barang siapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka Jahanam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir”. [QS. 17:18]
Sejatinya rezeki itu sangat luas spektrumnya. Ketenangan dalam keluarga meski hidup pas-pasan, sungguh luar biasa. Ketaatan kepada Allah, mau dinilai dengan apa lagi. Keikhlasan dan keridhaan menerima takdir Allah dalam kondisi bagaimanapun, tidak dapat disetarakan dengan kebahagiaan yang lain lagi. Itulah beberapa bentuk lain dari rezeki,selain uang.

Saudaraku,kalau kita mendapat rezeki yang segera (instant) di dunia ini, hanyalah persekot kecil, ganjaran yang utama tetap tersimpan aman disisiNya. Dan persekot biasanya hanya diberikan kepada orang-orang yang bermodal kecil.

Tidak ada komentar: