************************************************************************************************************************
Saudaraku, kalau artikel dalam blog ini bermanfaat informasikanlah kepada muslim yang lain
(Setiap kata yang mencerahkan orang lain, Insya Allah, anda akan mendapat ganjaran pahala)
============================================================================

Selasa, 03 Juni 2008

Cabe untuk rematik

Cabe merah (Capsicum annuum) cabe rawit (capsicum frutescens) keduanya tanaman asli Amerika tropik yang kaya khasiat alami.

Cabe rawit terdiri dari tiga jenis, yakni cengek leutik yang berbuah kecil, berwarna hijau dan berdiri tegak pada tangkainya. Jenis kedua cengek domba yang berbuah besar berwarna putih dan menjadi jingga pada saat masak. Jenis ketiga adalah ceplik. Jenis ini buahnya besar berwarna hijau dan menjadi merah pada saat tua.

Cabe merah bersifat panas dan merupakan stimulan untuk meningkatkan nafsu makan, sebagai diaforetik atau peluruh keringat, perangsang kulit dan sebagai obat gosok.
Cabe rawit juga bersifat panas dan dapat masuk ke merdian jantung dan pankreas.
Cabe merah berkhasiat tonik, stimulan kuat untuk jantung dan aliran darah, antirematik, menghancurkan bekuan darah atau antikoagulan, stomakik, perangsang kulit, karminatif diaforetik atau peluruh keringat, peluruh liur dan peluruh kencing.

Di dalam cabe diketahui terkandung kapcaisin, dihidrokapsaisin, vitamin A dan C, zat warna kapsantin, karoten. Di samping itu cabe merah juga mengandung mineral seperti fosfor, zat besi, kalium, kalsium dan niasin.
Senyawa yang sama juga terdapat dalam buah cabe rawit.

Bedanya dalam biji buah cabe rawit terdapat solanine, solamidine, solamargine, steroid dan antibiotik. Karena banyaknya zat kimia yang dikandung oleh kedua jenis cabai tersebut, wajar jika para ahli tumbuhan obat menyimpulkan, kedua jenis cabe ini berkhasiat mengatasi berbagai penyakit.

Khusus untuk cabe rawit baru-baru ini diketahui memiliki khasiat mengurangi terjadi penggumpalan darah dan menurunkan kadar kolestrol. Satu hal lagi, banyaknya kandung zat karoten dalam cabe jenis ini, para ahli mengasumsikan cabe rawit juga dapat mengatasi infertilitas atau ketidak suburan, memperlambat proses penuaan dan sebagai obat kuat.

Tentunya tidak mungkin Anda mengkonsumsi aneka cabe ini secara langsung.
Agar lebih nikmat, konsumsi cabe ini dalam bentuk sambal, dikombinasikan dengan sayuran dan lalapan segar untuk melengkapi nilai nutrisi terkandung.
Cabe merah dan cabe rawit dapat anda temui di Sambal Terasi, Sambal Tomat, Sambal kecap, Sambal kacang, Sambal Bajak, Sambal Tauco, Sambal Gandaria, Sambal Mangga Muda dan Sambal Jahe di seluruh jaringan Restoran dan Foodcourt Ayam Goreng Fatmawati. Jangan lewatkan pula menu spesial lainnya :
Ayam Bakar/Goreng, Empal, Cumi, Udang, Sop Iga, Sayur Asem, Aneka Pepes dll.

Regards,
Johan
0813 1917 8155

Tidak ada komentar: