************************************************************************************************************************
Saudaraku, kalau artikel dalam blog ini bermanfaat informasikanlah kepada muslim yang lain
(Setiap kata yang mencerahkan orang lain, Insya Allah, anda akan mendapat ganjaran pahala)
============================================================================

Jumat, 13 Juni 2008

Keutamaan shalat sunnah fajar

”Shalat sunnah dua rakaat sebelum shalat subuh itu lebih baik dari pada dunia seisinya” (HR. Muslim)

Hadistnya singkat, sederhana dan tegas dan shahih.

Pernahkah hadist ini di tafakkuri dan dimaknai apa adanya.
Kalau pernah dan dipahami dengan kaidah imani, saya yakin kita tidak akan pernah lagi meninggalkannya.

Coba dilakukan dengan tuma’minah, waktu yang dibutuhkan tidak lebih dari 5 menit, sementara untuk mencari dunia, dikejar sejak bangun subuh sampai lewat isya, tetap saja waktu yang dibutuhkan tidak cukup.

Insya Allah, kita tetap mencari dunia dengan bekerja keras + cerdas, tetapi hanyalah sekedar menjadi ladang amal dan fokus kepada akhirat.

Kalau lebih cenderung dunia yang dikejar inilah nilai dunia sbb. :

1. dunia senilai bangkai kambing

Jabir bin Abdullah ra meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW berjalan melewati pasar sementara orang-orang berjalan di kanan kiri beliau. Beliau melewati seekor anak kambing yang telinganya kecil dan sudah menjadi bangkai. Beliau lalu mengangkatnya dan memegang telinganya, seraya bersabda : "Siapa diantara kalian yang mau membeli ini dengan satu dirham (saja)?". Mereka menjawab, "Kami tidak mau membelinya dengan apapun. Apa yang kami bisa perbuat dengannya?" Kemudian beliau SAW bertanya, "Apakah kamu suka ia menjadi milikmu?". Mereka menjawab, "Demi Allah, seandainya ia hidup ia adalah aib (cacat), ia bertelinga kecil, apalagi setelah ia menjadi bangkai?". Maka beliau SAW bersabda, "Demi Allah, dunia ini lebih hina bagi Allah daripada bangkai ini dalam pandangan kalian." (HR Muslim).

2. dunia seharga sayap nyamuk

Sahal Ibn Sa'ad as-Sa'idi ra meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda : "Seandainya dunia itu ada nilainya disisi Allah bahkan seberat sayap nyamuk sekalipun, tentu Dia tidak akan sudi memberi minum pada orang kafir meskipun seteguk air." (HR Tirmidzi, shahih).

Tidak ada komentar: