************************************************************************************************************************
Saudaraku, kalau artikel dalam blog ini bermanfaat informasikanlah kepada muslim yang lain
(Setiap kata yang mencerahkan orang lain, Insya Allah, anda akan mendapat ganjaran pahala)
============================================================================

Kamis, 29 Mei 2008

Perbanyak shalawat pada hari jum'at

From: darwin malang [darwin.malang@bni.co.id]
Sent: Friday, November 10, 2006 8:19 AM
Subject: Perbanyak shalawat pada hari jum'at

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya (Al Ahzab:56).

Ucapkanlah : Allahumma shalli 'ala saiyidina Muhammad

Sunat memperbanyak bacaan shalawat pada malam dan pada hari Jumat

Dari Aus bin Aus r.a Rasulullah saw bersabda: "Harimu yang paling utama ialah hari Jumat. Pada hari itulah Adam dicipta dan pada hari itu pula dicabut rohnya, serta pada waktu itu pula ditiup sangkakala dan dimatikan semua manusia. Karena itu perbanyaklah membaca shalawat atasku, dan bacaanmu itu akan disampaikan kepadaku". Para sabahat bertanya: "Ya rasulullan, bagaimana caranya bacaan shalawat itu disampaikan kepada Anda, padahal waktu itu jasad Anda telah hancur luluh ? Ujar Nabi saw: " Sesungguhnya Allah 'azza wajalla telah melarang bumi untuk memakan
jasat pada Nabi. (Diriwayatkan oleh Buchari, Muslim, Abu Daut dan Nasa'i)

Suatu hari Rasulullah SAW, datang dengan wajah tampak berseri-seri, dan bersabda: "Malaikat Jibril datang kepadaku sambil berkata, "Sangat menyenangkan untuk engkau ketahui wahai Muhammad, bahwa untuk satu shalawat dari seseorang umatmu akan kuimbangi dengan sepuluh doa baginya." Dan sepuluh salam bagiku akan kubalas dengan sepuluh salam baginya." (HR. an-Nasa'i)

Sabda Rasulullah SAW: "Kalau orang bershalawat kepadaku, maka malaikat juga akan mendoakan keselamatan yang sama baginya, untuk itu hendaknya dilakukan, meski sedikit atau banyak." (HR. Ibnu Majah dan Thabrani)

Sabda Nabi SAW, "Manusia yang paling uatama bagiku adalah yang paling banyak shalawatnya." (HR. at-Tirmidzi)

Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda yang maksudnya : "Apakah tidak lebih baik saya khabarkan kepada kamu tentang sebakhil-bakhil manusia? Para sahabat menjawab: Baik benar, ya Rasulullah. Maka Nabi pun bersabda: Orang yang apabila disebut namaku di hadapannya, maka ia tidak bershalawat kepadaku".(Hadith riwayat At-Tirmidzi)

Sabdanya, "Sesungguhnya di bumi ada malaikat yang berkeliling dengan tujuan menyampaikan shalawat umatku kepadaku." (HR. an-Nasa'i)

Sabdanya, "Tak seorang pun yang bershalawat kepadaku, melainkan Allah mengembalikan ke ruhku, sehingga aku menjawab salam kepadanya." (HR. Abu Dawud).

"Sesiapa yang bershalawat kepadaku daripada umatku dengan satu shalawat yang ikhlas dari hatinya, maka Allah bershalawat kepadanya dengan shalawat yang diucapkannya itu sepuluh shalawat, dan Allah mengangkatnya dengan shalawatnya itu sepuluh derajat, dan dengan shalawatnya itu juga, Allah memberikan sepuluh kebaikan kepadanya dan

menghapus sepuluh keburukan".(Hadith riwayat An-Nasa'i)

Ibnu Hajar di dalam kitabnya "Az-Zawajir" berkata; "Tidak bershalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam ketika mendengar orang menyebut namanya adalah merupakan dosa besar yang ke-enam puluh".

Diantara faedah bershalawat adalah:

1. Memperoleh curahan rahmat dan kebajikan daripada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.
2. Menghasilkan kebaikan, meninggikan derajat dan menghapuskan kejahatan.
3. Memperoleh pengakuan kesempurnaan iman, apabila kita membacanya 100 kali.
4. Menjauhkan kerugian, penyesalan dan digolongkan ke dalam golongan orang-orang yang shalih.

5. Mendekatkan diri kepada Allah.
6. Memperoleh pahala seperti pahala memerdekakan budak.
7. Menghasilkan syafa'at.
8. Memperoleh penyertaan dari Malaikat Ar-Rahmah.
9. Memperoleh hubungan yang rapat dengan Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam. Seseorang yang bershalawat dan bersalaman kepada Nabi, shalawat dan salamnya itu disampaikan kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam.

10. Membuka kesempatan berbicara dengan Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam.
11. Menghilangkan kesusahan, kegundahan dan meluaskan rezeki.
12. Melapangkan dada. Apabila seseorang membaca shalawat 100 kali, maka Allah akan melapangkan dadanya dan menerangkan hatinya.

13. Menghapuskan dosa. Apabila seseorang membaca shalawat dengan tetap tiga kali setiap hari, maka Allah akan menghapuskan dosanya.

14. Menggantikan sedekah bagi orang yang tidak mampu bersedekah.
15. Melipatgandakan pahala yang diperoleh. Apabila seseorang bershalawat pada hari Jumaat, maka Allah akan memberikan kepadanya pahala yang berlipat ganda.

16. Mendekatkan kedudukan kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam pada hari kiamat.

17. Menyebabkan doa diterima oleh Allah.
18. Melepaskan diri dari keresahan pada hari kiamat. Apabila seseorang meninggalkan shalawat kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam, maka ia akan menghadapi keresahan dan kekacauan pada hari mahsyar.

19. Memenuhi satu hak Nabi atau menunaikan suatu tugas ibadat yang diwajibkan ke atas kita. Apabila seseorang tidak bershalawat, bererti dia enggan memenuhi satu hak Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam yang wajib dia penuhi.

Disarikan dari beberapa artikel.
Ma’af agak panjang.

Tidak ada komentar: